Manfaat buah apel


Manfaat buah apel sangatlah banyak. Apel atau dalam bahasa latin Malus domestica adalah buah yang pada awal mulanya berasal dari Asia Tengah. Namun seiring dengan perkembangannya, buah apel saat ini sudah tersebar merata ke keseluruh Dunia. Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulat dan rasa apel itu sendiri. Apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram.

  1. Kalori (kal) : 58 g
  2. Zat Besi : 0,3 g
  3. Kalsium : 6 g
  4. Lemak : 0,4 g
  5. Vitamin A : 90 g
  6. Vitamin C : 5 g
  7. Protein : 0,3 g  
  8. Air : 84,1 g
  9. dll.

Manfat Buah Apel adalah sebagai berikut :

           1. Mengurangi resiko serangan kanker
Manfaat buah apel salah satunya dapat adalah untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid dalam apel yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh agan.

           2. Menjaga kesehatan gigi

Mengkonsumsi secara rutin buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut agan. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi agan agan tetap sehat.

           3. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah apel dapat  untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan dalam buah apel adalah air. Dengan mengkonsumsi buah apel. Agan dapat terhindar dari dehidrasi.

            4. Mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi

Apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan dapat menurunkan tekanan darah bagi penderitanya. Hal ini karena apel dapat mencegah kolesterol yang ada dalam tubuh.   

5. Menangkal radikal bebas

Kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin yaitu sejenis zat yang dapat berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga berfungsi untuk melawan penuaan dini.

            6. Mencegah diare dan sembelit

Manfaat buah apel juga untuk mencegah penyakit yang ada pada sistem pencernaan, seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada buah apel yang tinggi, mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaandalam tubuh. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan. Seperti, diare ataupun sembelit.

            7. Mencegah diabetes

Kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Maka dari itulah disarankan untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum agan agan makan buah apel beserta kulitnya.

           8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan pada buah apel yang bernama quercetin bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

           9. Penglihatan yang lebih jernih

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari, maka dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan pada mata salah satunya adalah katarak.

Nah, itulah sedikit informasi dari saya tentang manfaat buah apel. Mohon kritik dan sarannya ya gan. Dengan berkomentar di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih :D­

 
Previous
Next Post »